Thursday, May 26, 2016

HT Icom Ic-V80 Without Desktop Charger

sponsored link

Masuk dunia HAM atau Amateur Radio sebenarnya sejak 1998, eh iseng-iseng beli HT Ic-V80 dengan harga murah di Tokopedia tapi batangan saja tanpa charger dan antena, hanya HT saja dan battery. Setelah barang datang, segera putar otak nih, gimana supaya charging ini HT, repot juga ketika mendapati ternyata Desktop Charger dengan seri BC-192 ternyata mahal, separuh dari harga HT-nya wah paet.. Copot battery pack dengan seri BP-265 dan saya beruntung, battery packnya pernah dibongkar sehingga saya dengan mudah juga membongkarnya dengan obeng karena hanya dilem dengan lem alteco. Lihat isinya hanya ada 2 komponen utama, yakni battery kapasitas 2200mAh dan sebuah board dengan tulisan Kingpo 2202A V2.0 sebagai charging controllernya.
icom ic-v80 battery pack BP-265
Keadaan battery pack BP-265 ketika baru saja datang
Mungkin bagi sebagian orang ini adalah bencana, tapi bagi saya ini adalah sebuah tantangan, selain ga repot bongkar cassingnya, ini battery juga sangat mudah diganti kelak jika sudah mencapai umur ajalnya hehehe.. Mungkin bisa juga dengan battery seri 18650 baru / bekasan laptop yang banyak dijual 15 ribuan padahal masih sehat walafiat.

Bermodal solder, timah, dan tang potong, serta nyari kabel di gudang saya bongkar semua rangkaian battery pack itu, sekalian juga membeli jack/plug DC untuk charger. Ga butuh waktu lama, akhirnya jadilah sudah battery pack HT saya beserta jacknya dengan mengebor plastik pada bagian bawah sejajar dengan pin desktop charger.
icom ic-v80 battery pack BP-265 modification
Keadaan battery pack BP-265 setelah modifikasi

icom ic-v80 battery pack BP-265 modification
Keadaan battery pack BP-265 setelah modifikasi
Emang kelihatan kumuh ya, tapi dalam rangka pengiritan juga ga perlu beli desktop charger yang mahal itu lha wong fungsinya sama. Kalo seperti tinggal colok ke adaptor apapun dengan tegangan 9V DC dah selesai, HT bisa digunakan sebagaimana mestinya.
icom ic-v80 battery pack BP-265 charging modification
Icom ic-v80 charging modification

my icom ic-v80
My Icom IC-V80
Kalo sudah begini, sepertinya sudah lebih fleksibel, bahkan nanti jika digunakan mobile, tak perlu membeli desktop charger apalagi battery eliminator juga hehehe... Rencana selanjutnya sih pingin modif / nambah rangkaian (dengan ruang sangat terbatas) itu battery agar bisa dicharger menggunakan charger USB 5VDC. Dah gitu aja, semoga bermanfangat dan mengingspirasi bagi para pembeli dan penjual HT tanpa charger.

No comments:

Post a Comment